Kamis, 12 Mei 2016

Mengenai KAMPOENG ASMA


Asma merupakan salah satu dari masalah kesehatan mayor di dunia. Kondisi gejala asma yang tidak terkontrol dapat mengurangi kualitas hidup pasien, peningkatan biaya pengobatan, bahkan dapat menyebabkan kematian akibat komplikasi asma. Tujuan dalam terapi asma adalah mencapai kondisi klinis yang terkontrol agar pasien dapat hidup semaksimal mungkin dan tidak terbatas karena gejala asma, dengan didukung kerjasama yang baik antara pasien dengan tenaga kesehatan. Salah satu tenaga kesehatan yang terlibat cukup signifikan adalah APOTEKER. 
Pelayanan kefarmasian pada penanganan asma diharapkan dapat menjadi strategi tepat untuk mencegah dan mengontrol morbiditas dan mortalitas pasien Optimasi pelayanan kefarmasian akan mempengaruhi biaya kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup pasien, agar tidak hanya merupakan terapi yang aman dan efektif, namun juga dari segi efektivitas biaya terapi obat

Oleh karena itu dibutuhkan sarana informasi dan sharing dalam peningkatan informasi dan kemampuan untuk mengubah pola hidup pasien kearah yang lebih baik. Dalam hal ini, KAMPOENG ASMA lahir untuk mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik pagi pasien dengan gangguan pernafasan pada umumnya, dan pasien asma pada khususnya.

Komunitas KAMPOENG ASMA lahir diawal tahun 2016, kata "KAMPOENG" di daerah Jawa familiar dengan istilah suatu kelompok di wilayah tertentu yang cenderung memiliki hubungan kekerabatan yang saling mengenal dan kekeluargaaan. Kata KAMPOENG ASMA berarti suatu komunitas yang tidak mengenal latar belakang, kondisi ekonomi, dan asal usul, yang sama-sama bertujuan meningkatkan kualitas hidup pribadi/keluarga/kerabat yang berisiko/telah memiliki gangguan pernafasan.

KAMPOENG ASMA berpusat di Surabaya, dan melayani kebutuhan informasi dari masyarakat di Indonesia.

Di awal kegiatannya, KAMPOENG ASMA melayani:
1. Menjawab semua pertanyaan untuk mendapatkan informasi seputar pengobatan pernafasan sebagai bagian dalam pelayanan kefarmasian. Pertanyaan dilayani secara cuma-cuma dan dapat dikirimkan melalui blog ini atau secara pribadi di email: kampoeng.asma@gmail.com

2. Melayani permintaan edukasi/penyuluhan seputar pengobatan asma. Seperti: penyuluhan pengobatan, ketrampilan cara penggunaan alat, dst.



Salam,
Amelia Lorensia
Apoteker 




Siapa Amelia Lorensia?
Penulis adalah seorang apoteker dan bekerja sebagai seorang dosen di salah satu Universitas swasta ternama di Surabaya, yang kini sedang menyelesaikan pendidikan S-3nya mengenai pengobatan asma. Penulis mendalami penelitian terkait gangguan pernafasan (terutama asma) sejak 7 tahun lalu, dan berharap dapat memberikan konstribusi dalam pengembangan pengobatan melalui pelayanan kefarmasian di bidang penyakit pernafasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar