Sabtu, 18 Februari 2017

Cara menggunakan Dry-Powder Inhaler (DPI) Jenis Diskus


DPI punya sistem yang kompleks dan kinerjanya bergantung pada banyak aspek. Perkembangan multi-unit dose DPI dipelopori oleh perusahaan yang memproduksi sediaan Turbuhaler®. 

Penggunaan DPI lebih luas khususnya di Amerika Serikat karena pengenalan Diskus®, yang diperkenalkan pada akhir tahun 1990-an. Diskus® awalnya hanya untuk inhalasi salmeterol atau flutikason saja tetapi pada tahun 2001 dirilis versi yang berisi formula kombinasi pertamanya yaitu long-acting β2-agonis (salmeterol) dan kortikosteroid (flutikasone propionat). 

Nama lain dari Diskus® adalah Accuhaler®. Diskus® diproduksi dengan berbagai nama dagang di USA, Kanada, Brazil, India, Indonesia, Australia, Columbia, Uni Eropa, Mexico, Selandia Baru, Afrika Selatan, Korea Selatan, Inggris, Estonia dan Jerman. Diskus® tersedia dalam berbagai dosis :
a. 100/50 : 100 mcg fluticasone dan 50 mcg salmeterol
250/50 : 250 mcg fluticasone dan 50 mcg salmeterol
500/50 : 500 mcg fluticasone dan 50 mcg salmeterol

Design sediaan Diskus®


Diskus® adalah DPI multi-dose baru yang memiliki desain melingkar berisi 60 dosis obat (terapi satu bulan) dalam pembawa berbasis laktosa. Diskus® terdiri dari lima bagian utama yaitu:
a. Slide penutup luar yang bisa tergeser
b. Thumbgrip
c. Sliding tuas untuk dose-release
d. Mouthpiece
e. Dosis counter untuk monitoring sisa dosis

Satu roda berisi 60 dosis obat dry powder yang dibungkus masing - masing dalam blister pada strip foil. Pembungkus ini berfungsi untuk melindungi dry powder dari kelembaban lingkungan dan kondisi lainnya. Sliding tuas berfungsi membuka blister foil bagian atas setiap dosis untuk naik ke bagian mouthpiece. Foil kemudian ke roda lain. Dosis tersebut kemudian dihirup lalu blister kosong maju ke roda berikutnya. Ketika penutup Diskus® ditutup, tuas secara otomatis me-reset kembali ke posisi awal. Tuas tersebut membantu untuk memuat dosis baru. Pada setiap gerakan tuas dapat terdengar klik dan dapat dirasakan roda indikator bergerak untuk menunjukkan jumlah dosis yang tersisa melalui dosis counter. Ketika lima dosis terakhir telah tercapai, muncul angka berwarna merah. Slide penutup luar dapat digeser buka atau tutup dengan bantuan thumbgrip. Penutup ini berfungsi melindungi tuas dan mouthpiece.

Diskus® di desain sebagai perbaikan dalam kenyamanan pasien dan kemudahan penggunaannya sebagai generasi DPI multi-dose selanjutnya. Kinerja yang konsisten, penerimaan pasien yang luas dan pertumbuhan penggunaan terapi kombinasi (LABA dan kortikosteroid) untuk asma telah memungkinkan Diskus® menjadi standar multi-dose dalam sistem pengiriman dry powder.

Penyimpanan Sediaan Diskus®
Produsen Diskus® merekomendasikan untuk menyimpan Diskus® pada suhu di bawah 30° C. Dalam Diskus®, setiap dosis obat dilindungi dari lingkungan terhadap kelembaban, dosis obat masing-masing disegel blister foil yang dapat dibuka ketika tuas dosis diturunkan. Hal ini telah terbukti memberikan perlindungan tingkat tinggi pada dosis obat. Diskus® ini juga diberi pembungkus foil luar yang memberikan perlindungan ekstra dari lingkungan selama penyimpanan sebelum digunakan.

Step Penggunaan Sediaan Diskus®
Tabel dibawah ini menunjukan bagaiamna Step Penggunaan Diskus® untuk 1 kali dosis pemakaian.

No.
Step
1 *
Tempatkan jempol pada alur dan buka dengan cara mendorong alur ke kanan hingga terdengar bunyi klik
2 *
Geser tuas ke kanan sampai bunyi klik
3
Memegang diskus dengan posisi horizontal
4
Tariklah nafas dan hembuskan  jauh dari mouthpiece diskus
5
Tempatkan diskus di mulut antara gigi dan bibir
6 *
Tarik napas mantap dan mendalam
7
Lepaskan mouthpiece diskus dari mulut dan tahan nafas yang dalam selama 5-10 detik
8
Hembuskan dan bernapaslah perlahan-lahan
9
Tempatkan jempol pada alur dan geser kembali ke arah kiri sampai terdengar bunyi klik

(Osman et al., 2012)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar